Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

'Kotaku Tanjungpinang' Bersejarah, Ada Pulau-Pulau Kecil dan Juga Tempat Wisata

Tengku Azhar
19 Jan 2023, 15:16 WIB Last Updated 2023-01-19T08:18:28Z
Sketsa Kota Tanjungpinang dari atas pulau dompak tampak gunung bintan dari kejauhan.

Liputanesia, Tanjungpinang - Ingin tau! ada apa saja tentang Kepulauan Riau. Tentunya, orang-orang pasti berbicara 'Kotaku Tanjungpinang' yang sangat bersejarah.

Kotaku ini terletak di pulau Bintan dari beberapa pulau-pulau kecil, seperti pulau Dompak dan pulau Penyengat yang dikagumi banyak pengunjung dari berbagai Negara, yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat sebagai tempat lahirnya bahasa Indonesia.

Pulau Penyengat Ikon Lahir Bahasa Indonesia yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Sebelum dimekarkan menjadi kota otonom pada tanggal 17 Oktober tahun 2001 silam, 'Kotaku Tanjungpinang' dahulunya adalah. Ibukota Kabupaten Kepulauan Riau yang (Sekarang Kabupaten Bintan), meliputi Riau daratan dan Kepulauan. Kemudian dipindahkan ke kota Pekanbaru sebagai pusat Pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga.

Jika dilihat dari luas wilayahnya, 'Kotaku Tanjungpinang' hanyalah sebuah kota kecil dengan luas wilayah sekitar 239, 5 kilometer persegi dan sebagiannya merupakan wilayah perairan laut.

Namun dari segi jumlah penduduk, 'Kotaku Tanjungpinang' masuk dalam kategori kota sedang dengan jumlah- penduduk kurang lebih 250 ribu jiwa.

Pantai Trikora dengan padir putihnya yang berjarak 50 kilo meter dari 'Kotaku Tanjungpinang.'

Dikotaku ini memiliki cukup banyak tempat wisata, ada pulau penyengat yang berjarak hanya sekitar 2 mil dari Pelabuhan Sri Bintan Pura. Disamping biaya ongkosnya yang murah, penyebranganpun cukup mengunakan perahu mesin menuju kesana.

Kemudian 'Kotaku Tanjungpinang' berdekatan langsung dengan pantai trikora, yang memiliki pasir putih indah yang selalu dikunjungi oleh banyak pengunjung dan berjarak hanya 50 kilo meter saja.

Oh iya 'Kotaku Tanjungpinang' ini, ada pantai buatan loo!! di sepanjang garis pantai tepi laut pusat Ibukota Provinsi Kepri.Tamannya yang asri, juga ada Gedung yang dibentuk mirip dengan Gonggong dan tempat olah raga bagi siapa saja.

Buat kamu yang ingin jalan-jalan bersama keluarga, jangan lupa yaa !! mengelilingi 'Kotaku Tanjungpinang', sampai jumpa...dengan cerita selanjutnya.

Penulis Artikel: Nur aini - School Pelita Nusantara Tanjungpinang pada Kamis tanggal 19 Januari 2023.

Iklan