Iklan

Iklan 970x250

,

Iklan

Wakil Bupati Aceh Tamiang Ikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-94

Liputanesia
28 Okt 2022, 15:27 WIB Last Updated 2022-10-28T17:39:02Z
Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST saat mengikuti upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.

Aceh Tamiang - Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST mengikuti upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa” di Lapangan Upacara Tribun Kantor Bupati Aceh Tamiang, Jum’at (28/10/22).

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga. Ia menyampaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan”, tutur AKBP Imam.

Lebih lanjut, Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang”, jelasnya.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa”, ucapnya.

Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara, Wakil Bupati Aceh Tamiang beserta unsur Forkopimda dan Ketua KNPI Aceh Tamiang menyerahkan hadiah kepada juara Turnamen Futsal dan MTQ Tingkat Remaja yang digelar sejak tanggal 24-27 Oktober 2022 dalam rangka menyambut Peringatan HSP ke-94.

Iklan